UPT Pusat Bahasa adalah salah satu unit pelayanan teknis yang berada di bawah naungan Universitas Hasanuddin. Unit Pelayanan Teknis ini memiliki tugas pokok dan fungsi untuk memberikan pelayanan bahasa kepada masyrakat. UPT Pusat Bahasa Unhas telah menerapkan sistem Manajemen mutu (SMM) ISO 9001 yang terintegrasi dengan sistem penjaminan mutu perguruan Tinggi (SPMPT) sehingga tercipta efektifitas pengelolaan terhadap seluruh aspek yang ada di dalamnya. Dengan demikian seluruh proses tata kelola dan pelayanan administrasi dilakukan secara efektif dan berkualitas.

Berita

Juli 16, 2021

Tes EPT di Pusat Bahasa

Jumat (16/7/21) dilaksanakan tes EPT rutin di Pusat Bahasa Unhas. Tes ini diselenggarakan…

Juli 15, 2021

Progres Tes Kursus Kelas Reguler

Kamis (15 Juli 2021) diadakan progress tes bagi peserta kursus kelas regular yang…

Juli 14, 2021

Kinerja Staf Pusat Bahasa di Audit

Rabu (14/7/2021) Tim Satuan Pengawas Internal (SPI) kembali mendatangi Pusat Bahasa untuk melakukan…

VIEW ALL

Keunggulan

Selain memiliki tenaga pengajar yang andal, pengajaran di UPT Pusat Bahasa menggunakan metode pengajaran yang komunikatif. Peserta yang belajar di UPT Pusat bahasa dilatih untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan berdialog, berdiskusi, dan bekerja kelompok. Pembelajaran dilakukan di dalam maupun di luar kelas dengan suasana yang nyaman dan akrab.

Program unggulan yang dimiliki UPT Pusat Bahasa antara lain; Foreign Language Courses yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbagai Bahasa asing secara umum seperti Bahasa Inggris, Prancis, Jepang, Arab, dan Korea. English for non-academic staff untuk memberikan bekal Bahasa Inggris terutama dalam melaksanakan tugas rutin. Intensive TOEFL Preparation Course yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris terutama dalam pengingkatan perolehan skor TOEFL untuk berbagai keperluan seperti melanjutkan studi S2 dan S3 baik dalam maupun luar negeri. Intensive IELTS Preparation Couse, program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris terutama dalam peningkatan perolehan skor IELTS untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.Writing, program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan menulis jurnal dan karya ilmiah dalam Bahasa Inggris. Reading Group, program yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca teks Bahasa Inggris secara efektif. Presentation Skill, program yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan presentasi dalam Bahasa Inggris. Business English, program ini dirancang untuk mereka yang terlibat langsung dalam kegiatan bisnis seperti staf atau pengusaha jasa pariwisata, keuangan, asuransi, dan industry lainnya untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Ingris.

Selain mengadakan kursus bahasa dan budaya local, UPT Pusat Bahasa juga menyediakan dan menerima penyuntingan abstrak dan penerjemahan Bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Arab, dan Bahasa daerah (Lontara). Penerjemahan dan penyuntingan dilakukan oleh tim yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.

Di samping itu, UPT Pusat Bahasa menyediakan pelayanan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Selain mengajarkan Bahasa Indonesia, UPT Pusat Bahasa juga memperkenalkan budaya dan kesenian local kepada mereka. Pelajar akan diajak berkunjung untuk melihat dan mempelajari objek wisata serta objek bersejarah yan ada di makassar.

Kerja sama yang sudah dilakukan oleh UPT Pusat Bahasa adalah bersama PLTI dalam hal ujian sertifikasi dosen secara online, RELO Jakarta, IIEF, LPDP, Bappenas, Australian Awards, Deakin University Australia dan beberapa instansi lainnya.

50
PENGAJAR PROFESIONAL
87
KURSUS SETIAP TAHUN
277
SISWA
50
PENGUNJUNG PERHARI

Sumber Daya Manusia

UPT Pusat Bahasa Unhas memiliki tenaga pengajar S2 (Magister) dan S3 (Doktor) yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di dalam dan luar negeri (Inggris, Amerika, Australia, Kanada, dan new Zealand). Tenaga pengajar untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) adalah tenaga pengajar yang sudah berpengalaman mengajarkan Bahasa Indonesia di luar dan dalam negeri. Begitu pula dengan staf administrasi yang sudah terlatih dengan tugasnya masing-masing akan siap melayani dengan ramah.

Fasilitas

Sesuai dengan visi dan misi UPT Pusat Bahasa yakni menjadi ‘Pusat unggulan pembelajaran bahasa asing, bahasa dan budaya lokal, dan bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) dengan misi menyediakan lingkungan belajar yang berkualitas untuk mengembangkan hal tersebut. Untuk menunjang hal itu, UPT Pusat Bahasa menyediakan fasilitas penunjang berupa gedung berlantai dua dengan rincian dua ruangan/laboratorium komputer, satu aula, delapan ruang kelas, ruang rekaman, dan musallah. Semua ruangan yang dimiliki telah memenuhi standar ISO. Di samping itu UPT Pusat Bahasa memfasilitasi pelaksanaan ITP Toefl Test bekerja sama dengan IIEF Jakarta dan Tes Sertifikasi dosen secara online bekerja sama dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI).

X